{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Review Study jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Saya lagi mendesain
source : dokumentasi pribadi
Pada tulisan kali ini saya akan sharing tentang kuliah di jurusan desain komunikasi visual (DKV). Bagi kalian yang masih sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan, dalam waktu dekat akan lulus kemudian mau ambil kuliah jurusan desain komunikasi visual dan ingin tahu seperti apa itu dan apa suka dukanya kuliah jurusan DKV mari simak lebih lanjut.

Sebelum masuk ke suka dukanya mungkin pertama kita masuk ke dalam definisi desain komunikasi visual dahulu, apa itu? DKV mempunyai 3 kata antara lain:
  1. Desain adalah perancangan, membuat sesuatu
  2. Komunikasi adalah suatu penyampaian informasi, gagasan atau ide dari komunikator (sumber informasi) kepada komunikan (penerima informasi)
  3. Visual berarti sesuatu yang bisa dilihat oleh indra penglihatan.
Jadi kesimpulannya Desain Komunikasi Visual adalah suatu kegiatan perancangan suatu informasi yang dirancang semenarik mungkin agar penerima informasi menjadi tertarik untuk menerima informasi tersebut dan perancangan tersebut dibuat dengan bahasa visual antara lain bisa dalam bentuk text, gambar, simbol, warna, ilustrasi, video. Untuk prospek kerjanya biasanya di biro periklanan, advertising, rumah produksi (ph), percetakan, penerbitan, pertelevisian. Gimana bro paham?

Dan ini dia beberapa suka duka kuliah dijurusan tersebuat yang saya rasakan selama ini antara lain :
  1. DKV = Menggambar
    Fakta utama yang terjadi adalah banyak orang-orang yang menganggap dkv itu menggambar, jago adobe photoshop, adobe illustator, corel, 3dmax dll. Padahal intinya dkv itu bukan hanya mendesain dan menggambar saja tetapi memikirkan bahasa visual apa yang cocok disampaikan ke si audiencenya dan memikirkan bagaimana ke efektifan penyampaian informasinya. Bahkan banyak riset sampai ada pelajaran psikologi persepsi segala, mempelajari prilaku audience journey x_x

  2. Tugasnya numpuk
    Nah ini biasanya yang cukup membuat saya mengelus dada adalah tugasnya sangat banyak dan pasti sangat menyita waktu akhirnya bergadang everyday, everynight and everytime. Apa lagi semester awal masih menggambar manual kerjaannya menggambar pake cat poster. Pasti kalian bertanya kenapa sih menggambar aja harus begadang? Karena yang digambar dismester awal yaitu eksplorasi titik, garis, warna. Dan warna yang digunakan hanya menggunakan 3 warna yaitu merah, kuning, biru dan ditambah hitam, putih sebagai gelap terang. Mencampur adukan warna bro intinya.

  3. Ke kampus tanpa mandi
    Suatu hal yang unik yang saya hadapin adalah ke kampus tanpa mandi. Kenapa demikian? Karena semaleman bekerja terus dengan tugas dan ahirnya tidur subuh. Ketika berangkat kuliah pagi-pagi ahirnya bangun pas waktunya mepet akhirnya tidak mandi. Mungkin kalau menurut prediksi saya 75% temen dikelas pernah ke kampus tanpa mandi. Kenapa saya bilang begitu? Karena pernah kejadian nginep dikosan temen yang semuanya tetanggaan malamnya mengerjakan tugas sampai subuh dan tidur beberapa menit pas bangun langsung semuanya cuma mencuci muka saja. Dan cewek juga sama. Saya pernah juga denger cewek bisik-bisik sama temennya dia bilang "gua belum mandi". Oalaaahh...

  4. Uang sebagian buat print tugas
    Yang punya tempat print atau pegawai printing pasti bakal tau wajah kalian bro soalnya gimana gak kenal hampir tiap hari berkunjung untuk ngeprint.

  5. Kuliah dan Ujiannya nyantai
    Ya, ini dia hal yang paling disukai kuliah jurusan dkv kuliahnya nyantai. Tidak ada pelajaran matematika pastinya hehe. Masuk kelas diberikan materi-materi pelajaran minggu depan tugas, seperti itu terus. Kalau ujian yang berkaitan dengan perancangan biasanya take home dibawa kerumah bro, kecuali mata kuliah teori biasanya dikelas isi soal dikertas.

Comments As :

No comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved