Tuesday, April 26, 2016

Persentasi tidak begitu sulit dan menegangkan, Ini tips dan trik nya

Saya Persentasi
source : dokumentasi pribadi
Pra sidang tugas akhir mahasiswa unikom angkatan 2012 dimulai pada bulan April 2016. Ternyata jadwal tugas akhir saya di minggu-minggu selanjutnya yaitu senin 25 April 2016 dan kebagian dosen penguji yang bisa dibilang best of the best. Dan itu scedule yang kurang mantap karena harus menunggu waktu yang cukup lama.

And The day begins and so thrilling. Why? Karena harus persentasi tentang materi tugas dan diuji seberapa dalam pemahaman tentang materi yang akan dijadikan bahan tugas akhir. And honesly I'm not good in persentation dan gampang nervous. Saya pun mempersiapkan bahan persentasi dan juga membeli jamuan untuk 3 dosen tersebut satu pembimbing dan dua penguji. Pada hari itu dosen pun mendapatkan banyak jamuan. Saya hanya memberi kue-kue dan air minum yang seadanya, denger-denger ada yang memberikan fried chiken, piza. Enak jadi dosen pada hari itu. Persentasi pun dimulai dan ternya tidak segugup, se nervous yang dibayangkan dan proses tanya jawab pun berjalan lancar.
Beberapa hal yang mungkin membuat saya tidak terlalu nervous mungkin karena beberapa hal tersebut:

  1. Berdoa
    source : https://afifizzatullah.wordpress.com/2015/10/28/kekuatan-doa/
    Sebelum persentasi berdoa dulu agar diberikan kemudahan dan kelancaran oleh tuhan yang maha esa.

  2. Berfikir positif
    source : http://breathforlifetoday.com/power-of-optimism-and-positive-thinking/
    Saya pada hari itu berfikir positif bahwa saya bisa dan tidak akan gugup dan ternyata benar tidak terlalu gugup. And you can feel the power of positive thinking.

  3. Atur pernafasan
    source : http://www.stuff.co.nz/life-style/well-good/teach-me/62913292/Are-you-breathing-the-right-way
    Tarik nafas tahan beberata detik lalu hembuskan. Karena dengan hal itu dapat membuat otot tidak terlalu tegang

  4. Pahami Materi
    source : http://newsreporters.org/book-reading-a-better-way-for-living/1069
    Yang penting dalam persentasi yaitu pemahaman materi secara mendalam dan siap. Apa bila siap maka bila anda ditanya suatu pertanyaan maka dapat menjawab pertanyaan tersebut.

  5. Sering Persentasi
    source : http://www.wisdomtimes.com/blog/public-speaking-how-to-make-powerful-public-speeches/
    Jujur saya tidak terbiasa persentasi dan jarang mau bila ditunjuk untuk persentasi, bertemu client pun nervous and nervous. Tapi bila harus persentasi dengan client mau tidak mau tetap harus dilakukan. Tapi entah kenapa persentasi kali ini yang saya anggap menegangkan sepertinya easy going aja, mungkin benar seperti yang dikatakan orang bisa karena terbiasa dan itu hanya masalah waktu. Just do it...

No comments:

Post a Comment