{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Software 3D Modeling termudah sampai tersulit

3D Modeling Character Saya sendiri
source : dokumen pribadi
Mendesain gambar 3D pastinya tidak semudah mendesain gambar 2D. Kenapa? Karena kalau membuat gambar 3D secara tidak langsung membuat texturnya juga, yang biasanya gambar 2D.

Lebih detailnya dalam 3D itu susunannya terdiri dari modeling, material, texturing/unwraping, rigging (Pemasangan tulang/sendi untuk animasi karakter), animasi, lighting dan rendering. Dan juga harus mengetahui bagian-bagian objek dalam 3d antara lain yaitu vertex (titik), edge (garis) dan face (permukaannya). Dalam 3D ada istilah Low Poly dan hight Poly. Semakin banyak vertek (titik) di setiap ujung objek maka semakin halus bentuknya itu yang disebut Hight Poly.

Banyak software 3D yang beredar dan digunakaan para modeler antara lain yang cukup populer ada dari autodesk 3Dsmax, maya, blender (freeware), sketchup, AutoCad, Cinema 4D, Zbrush dll. Tapi kali ini saya akan mereview software 3D yang pernah saya coba (sketchup, blender, 3dsmax) dari tingkat kemudahan hingga kesulitannya.
  1. Sketchup

  2. source : 3dwarehouse.sketchup.com
    Menurut saya sketchup software 3D modeling yang paling mudah untuk pemula. Tetapi kurang recommended jika digunakan untuk modeling yang bentuknya rumit seperti membuat karakter 3D yang biasanya menggunakan banyak vertex (titik). Software ini paling cocok membuat 3D modeling berupa tempat, bangunan, interior, booth dll. Dan 3D modeling yang dibuat bisa juga dishare antara pengguna software 3D lain dengan mengekspor menjadi file 3D (.3ds, .dae, .fbx dll). Jadi misalkan projek animasi dibagi-bagi beberapa orang. Si A bagian modeling bangunan dan lingkungan dengan sketchup tetapi si B modeling karakter dengan 3Dsmax maka hasil modeling bisa disatukan. Skethcup lebih cocok digunakan untuk ukuran real dan untuk produksi seperti booth, arsitektur dan interior. Mengapa? Karena sudah ada tools software pengukurnya yaitu Layouter. Untuk hasil render yang mendekati benda sungguhan atau seperti foto objek biasanya pake plugin rendering namanya Vray. Ini software sering saya gunakan ketika dulu dikantor untuk mendesain product, booth atau interior dll. Portfilio saya ada dilink ini
  3. Blender

  4. source : blender.org
    Kalau blender lumayan sulit dan cocok digunakan untuk modeling yang lumayan rumit (karakter dll). Modeling tempat, bangunan, interior bisa juga tetapi lumayan sulit untuk ukuran produksinya. Lebih cocok untuk 3D digital image atau animasi daripada produksi. Dan yang paling penting software ini freeware alias gratis. Tools rendering bawaannya sudah lumayan bagus terutama Cyrcle Render.
  5. 3Dsmax

  6. source : autodesk.com
    Menurut saya sowftware 3dsmax terlalu sulit untuk pemula. Karena toolsnya lebih banyak dan membingungkan. Biasanya digunakan pembuatan model 3D oleh pro 3D Modeller.

Mungkin juga ada orang yang menganggap lebih 3Dsmax mudah. Pastinya setiap orang mungkin punya berbeda pendapat dan pengalaman yang berbeda. Malah teman saya berkata lebih mudah Zbrush karena sistemnya seperti brush photoshop tapi jadi objek 3D. Mungkin cukup itu saja review tentang pengalaman sulit mudahnya menggunakan software 3D yang pernah saya coba.

Kalian pernah mencoba software 3D apa aja? Menurut kalian yang mana yang paling mudah?

Comments As :

No comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved