{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Cara Memasang Google AdSense di Blog

Blogger + Google AdSense
source : Digital imaging

Sebelumnya saya pernah membahas tentang apa itu Google AdSense, keuntungan, cara kerja, persyaratan etc, pada artikel "Berhasil Diterima Google AdSense". Tapi pada kali ini bahasannya yaitu bagai mana menghubungkan blog kita dengan AdSense.

Langkah-langkah untuk memasangkannnya berdasarkan yang saya alami adalah sebagai berikut :
  1. Login
    Homepage Blogger
    source : Dokumentasi Pribadi
    Pastikan sudah masuk akun Blog kalian.
  2. Setting Bahasa
    Step selanjutnya adalah merubah format bahasa. Dikarenakan Google AdSense hanya tersedia untuk bahasa inggris. Maka setting blog kalian ke bahasa inggris. Caranya masuk menu Setelan > Bahasa & Pemformatan > Pilih bahasa inggris kemudian simpan. Jika settingan bahasa sudah bahasa inggris maka bisa langsung melewati step ini, karena step ini digunakan untuk memunculkan menu penghasilan.
    Setting Bahasa
    source : Dokumentasi Pribadi
  3. Menu Penghasilan
    Setelah itu menu pada blog akan bertambah menu penghasilan. Klik pada Penghasilan > AdSense. Tampilan yang akan muncul akan menampilkan dua kemungkinan kemungkinan pertama blog belum memenuhi syarat dan yang kedua adalah siap dikaitkan. Jika blog belum siap hanya muncul link ke Cara memenuhi syarat untuk AdSense dari google (help) atau kalian bisa baca tips versi yang telah saya bahas diatas artikel pengalaman saya Berhasil Diterima Google AdSense dam jika blog kalian sudah memenuhi syarat maka dapat menghubungkan akun blog anda dengan Google AdSense dengan cara klik button Sign Up.
    Kiri belum memenuhi syarat dan Kanan sudah siap dikaitkan
    source : Dokumentasi Pribadi
  4. Ikuti langkah Blogger + AdSense
    Ikuti dan isi setiap langkahnya dimulai Akun Anda > Situs Web Anda > Informasi Anda. Kita bisa menggunakan akun Google kita, dengan akun lain atau mendaftar. Jika sudah memiliki akun silahkan masuk ke akun yang sudah ada. Pada Situs web isi url blog dengan blog yang kita miliki. Pada informasi akun pastikan informasi tentang diri anda yang sebenarnya karena ini merupakan sumber informasi penting anda agar google adsense lebih mudah mengetahui anda, proses pencairan penghasilan dll.
    AdSense Step
    source : Dokumentasi Pribadi
  5. Tata Letak Iklan AdSense
    Langkah selanjutnya memposisikan iklan akan ditampilkan dibagian mana. Setelah menghubungkan blog dengan AdSense maka pada menu penghasilan akan berubah. Posisikan tataletak posisi iklan dengan sesuai keinginan.
    AdSense Step
    source : Dokumentasi Pribadi
    Atau jika mungkin menginginkan tata letak yang tidak disediakan pada menu diatas misalkan di footer atau header kalian bisa klik link Sesuaikan lebih lanjut dalam ... atau klik menu Tata Letak karena sama-sama mengarahkan ke halaman tata letak.
  6. Tambah Gadget AdSense
    Pada menu tata letak tambahkan gadget adsanse dengan cara klik tambah gadget. Pilih AdSense.
    AdSense Gadget
    source : Dokumentasi Pribadi
  7. Sesuaikan Ukuran dan Gaya Visual Iklan
    Pilih ukuran dan gaya visual iklan yang akan ditampilkan pada blog. Saya rekomendasikan responsive (mengikuti ukuran presisi web jika diaskes di handphone, tablet, komputer etc). kemudian simpan.
    Setting Size & Layout AdSense
    source : Dokumentasi Pribadi
    Setelah step ini selesai maka jangan heran jika iklan belum muncul diblog karena ini masih tahap pertama peninjauan AdSense. Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca blog harus ada page Contact dan Privacy Policy, entah benar atau tidak saya pun membuat page Privacy Policy, kalian bisa copy teks tersebut dan mengganti informasi berupa email, web, pemilik etc. Setelah itu yaitu menunggu hingga proses ditinjau. Pastikan blog tetap update dan menulis seperti bisa hingga mendapatkan email dari AdSense.
  8. Selesai
    Setelah menunggu beberapa hari akhirnya saya menerima email dari AdSense. Berdasarkan pengalaman saya menunggu email tersebut tidak lebih dari 1 minggu.
    Setting Size & Layout AdSense
    source : Dokumentasi Pribadi
Mungkin itu saja pengalaman langkah per langkah yang dilakukan untuk berhasil menghubungkan antara Blog dengan Google AdSense. Kalau ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan saja bertanya, terimakasih ...

Comments As :

4 comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved