{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Contoh Surat Lamaran Kerja + Lampiran-lampirannya untuk Desain Grafis (DKV)

source : Dokumentasi Pribadi
Contoh Surat Lamaran Kerja Graphic Designer

Bagi teman-teman yang baru menyelesaikan study selamat ya. Tapi mungkin masih newbe dan belum begitu paham bagaimana cara membuat surat-surat melamar kerja serta lampiran-lampiran. Apa saja yang biasanya dilampiran dalam surat lamaran kerja untuk desain grafis (dkv)? Oke akan dibahas mulai dari lampiran yang penting dan harus dilampirkan sampai yang tidak begitu penting dilampirkan. Tergantung kebutuhan perusahaan. Apa saja itu?
  1. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
    source : pexels.com
    Pastinya sebelum pihak perusahaan menerima anda untuk bekerja diperusahaan pasti mereka mereview profile dahulu. Tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu lampirkanlah cv sekreatif mungkin dan mudah dibaca & dipahami. Tips khusus menurut sumber yang telah berpengalaman di dunia advertising "kalau mau masuk advertising kalau bisa cv dibuat berkonsep".
  2. Portfolio
    source : pexels.com
    Setelah mengetahui detail track record calon karyawan selanjutnya yang paling penting yaitu portfolio. Portfolio adalah lampiran penting untuk desainer, maka dari itu pastikan lampirkan portfolio. Cuma punya portfolio tugas masa SMK atau kampus saja? tak masalah, lampirkan saja. Yang penting bisa menunjukan hasil kerja kita. Lampiran projek-projek terbaik yang pernah dibuat sertakan link portfolio online agar pihak perusahaan bisa melihat hasil kerja kita yang terbaru.
  3. Sertifikat Prestasi
    source : 168solution.com
    Jika kita punya prestasi dibidang terkait atau tidak terkaitpun (bisa setifikat olahraga, bahasa asing etc) bisa sekalian dilampirkan saja. Ini bisa sebagai modal plus kita sebagai calon karyawan.
  4. Ijasah & Transkrip nilai
    source : esc13.net
    Sebetulnya tiga berkas diatas sudah cukup memenuhi untuk desainer. Tapi terkadang ada juga perusahaan yang membutuhkan sertifikasi ijasah sarjana yang dilampirkan. Tergantung pihak perusahaan.
  5. Pas Foto
    source : pexels.com
    Pas foto juga memungkinkan untuk dilampirkan, padahal di pasti cv juga sudah ada. Kembali lagi, itu tergantung pihak perusahaan mungkin membutuhkan mungkin tidak. Tapi pastikan pajang foto kita menarik dan formal. Kalau bisa senyum agar terlihat mengandung aura positif haha
  6. SKCK (Police Record)
    Contoh Surat Kelakuan Baik Di Indonesia
    dokumentasi pribadi
    SKCK / surat kelakuan baik. Biasanya berisi tentang bahwa calon karyawan tidak pernah melakukan tindak kejahatan, kriminal dll. Dan surat ini dikeluarkan dari kepolisian. Memang ada perusahaan yang tidak membutuhlannya, soalnya ada beberapa teman saya yang bisa lolos tanpa lampiran ini.
  7. Kartu Kuning
    source : kordanews.com
    Memangnya sepak bola ada kartu kuning segala? Kartu kuning yang dimaksud itu adalah kartu tanda pencari kerja. Dokumen ini juga dikeluar kan oleh pemerintahan (dinas tenaga kerja). Beberapa informasi yang pernah saya dapatkan biasanya ini dibutuhkan untuk melamar kerja dibadan usaha milik pemerintah.
Mungkin itu saja beberapa dokumen yang bisa dilampirkan untuk melamar kerja sebagai desain grafis. Tapi dari hal diatas akan lebih baik perhatikan dan baca kembali berita informasi lowongan kerja tersebut apa saja yang dibutuhkan untuk melamar diperusahaan tersebut. Meskipun perusahaan hanya membutuhkan 1 atau 2 dokumen saja, mungkin lebih lengkap lebih baik. Tetapi lampirkan yang penting saja. Terimakasih telah membaca. Semoga teman-teman cepat mendapatkan panggilan kerja. Amin...

Comments As :

No comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved