{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Cara Membuat Studio Photo, Video Dikamar Sendiri

Ingin punya studio photo dan video tapi tidak punya cukup uang modal? Jawabannya buat custom mini home studio saja. Postingan kali ini akan membahas bagaimana membuat kamar sendiri menjadi studio photo video dengan budget yang murah tidak lebih dari 200 ribu rupiah. Di zaman yang serba canggih ini sebetulnya semua orang bisa membuat mini studio dirumahnya.

Yang dibutuhkan dalam studio adalah peralatan pencahayaan, screen latar dan kamera. Tapi terkadang masih sulit karena masalah budget untuk membeli peralatan kamera dan lighting. Bahkan dizaman sekarang ini kamera smartphone saja semakin bagus kualitasnya. Lighting dan screen sebetulnya masih bisa diakalin dengan membuat sendiri. Dan berikut adalah cara membuat mini home studio dengan budget murah tersebut :
  1. Lighting buatan sendiri
    Untuk membuat lighting sendiri sangat mudah hanya membutuhkan bahan seperti lampu, kabel, steker, lakban, kardus/mdf/triplek etc, almunium foil, ripet dan kain untuk screen. Untuk lebih jelasnya tonton video berikut:


    Yang butuh detail ukuruan lighting box mockup yang seperti pada video diatas bisa lihat gambar berikut: Klik untuk memperbesar gambar.
  2. Screen atau latar
    source : pexels.com
    Untuk screen backgrund bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisa green screen, black screen atau white screen. Untuk screen bisa menggunakan kain yang ada dipasaran yang penting menyerap cahaya dan tidak terlalu tipis. Dan tidak perlu membeli tripod untuk standnya, cukup ditempel pada dinding (dilakban). Kecuali jika memiliki budget yang lebih boleh lah custom trypod dengan pipa paralon. Masih punya budget banyak? beli aja yang tripod asli tidak usah repot-repot buat.
  3. Kamera
    source : pexels.com
    Bagi yang tidak punya kamera profesional tapi ingin memiliki studio sebenarnya bisa diakalin dengan menggunakan kamera smartphone yang ada dikantong temen-temen. Kamera mahal juga belum tentu bagus kalau belum terbiasa menggunakannya. Intinya kalau kata yang sudah pro adalah teknik pencahayaannya. Kenalan sama cahaya aja dulu pake smartphone, sama saya pun masih kenalan sama mereka. Hehehe, belum pro juga tapi udah so soan share cara membuat studio photo video rumahan. Dan ini hasil foto dibawah juga hasil dari smartphone saja.
    source : dokumentasi pribadi
  4. Just Do It
    Yang paling penting itu lakukan rencana mu bukan hanya rencana. JUST DO IT. What'r u waiting for? Yesterday you said tomorow. Kapan jadinya? Noh tonton bonus video dibawah:

Bagaimana? Mudah dan murah kan? Untuk temen-temen yang suka photo dan video jangan banyak mengeluh tidak ada lighting tidak ada screen. Kita buat dari bahan yang mudah dan murah seperti diatas saja. Kamera smartphone pun jadi. Semoga bermanfaat. Share ke temen-temen kamu yang ingin punya studio tapi budget minim.
Video diatas bukan studio sungguhan hanya di kamar saja, cukup kain hitam meteran 80rb juga cukup, hanya dilakban ke tembok dan lighting juga hanya lampu neon yang watt nya gede dan dibantu box dengan almunium foil. Bagaimana? tertarik kah untuk membuat?

Comments As :

No comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved