{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Cara Mendapatkan Sertifikasi Adobe International

Postingan kali ini akan membahas bagaimana cara mendapatkan sertifikasi/sertifikat internasional dibidang komputer IT. Sertifikasi internasional itu ada dalam berbagai bidang mulai MOS (Microsoft Office Software), IT, Operating System, Adobe, Autodesk etc. Sertifikasi IT tersebut diberikan kepada orang yang memiliki keahlian tertentu dalam IT dan diterbitkan oleh organisasi internasional dan pastinya diakui juga oleh internasional.

Tapi bahasan kali ini akan difokuskan untuk sertifikasi internasional graphic designer tools sesuai dengan bidang yang saya dalami 7 tahun terakir ini. Khususnya proses mendapatkan sertifikasi dalam penggunaan Adobe software. Mungkin saja teman-teman sudah jago dan mahir dalam menggunakan software desain tapi ketika memasuki dunia kerja apakah perushaan yakin kamu benar-benar ahli dibidang itu? Maka dari itu sertifikasi ini dapat menjadi bukti bahwa kamu benar-benar ahli dalam pengoprasiannya. Bagaimana proses mendapatkan sertifikasi tersebut? Ikuti langkah berikut:
  1. Temukan penyelenggara ujian
    source : pexels.com
    Ada 3 Penyelenggara ujian sertifikasi yang saya ketahui antara lain Prometric, Pearson Vue dan Certiport (dan itu baru saya tahu akhir-akhir ini). Pastikan dengan tepat apakah penyelenggara menyediakan ujian sertifikasi bidang kamu atau tidak. Jika tidak ada pilih penyelenggara yang lain. Dan sebelumnya saya pernah ujian dengan penyelenggara Certiort.
  2. Biaya Ujian
    source : pexels.com
    Pastinya untuk mengikuti ujian sertifikasi internasional ini ada biaya yang harus keluar.

    Tapi kebetulan saja kalau saya sedang beruntung karena ada sebuah event perusahaan provider cellular mengadakan event sertifikasi internasional gratis jadi saya tidak mengeluarkan uang sedikit pun.

    Dengar-dengar 1 kali ujian untuk Adobe sekitar 99$. Dan beruntung ujian yang saya ikuti itu 2x dan itu gratis. Pertama ujian sertifikasi Adobe illustrator yang ke dua Adobe flash, Maka dari itu pastikan kamu sudah benar cukup mahir sebelum ujian. Jika gagal uang tidak akan dikembalikan, kecuali kamu dapat gratis. Ujian Adobe illustrator saya gagal untung gratis dan alhamdulilah ujian Adobe flash saya lulus.
  3. Type, Tempat dan Soal Ujian
    source : pexels.com
    Ujian yang dilakukan dengan menggunakan komputer / Computer Based Test (CBT) berupa Multiple Choice dan soal untuk mempraktekan kemahiran dalam menggunakan software. Bahasa yang digunakannya adalah bahasa inggris. Dan tempat ujian dilaksanakan di tempat penyelenggara atau disebut Authorized Test Center (ATC). Dikarenakan saya ikut event provider celluler jadi penyelenggaraan ujiannya dilaksanakan dikampus ITB dan UPI bandung.
  4. Exam Code
    source : pexels.com
    Ketika ujian dilaksanakan ada yang individu ada juga yang grup. Dan kamu harus memasukan exam code. Exam Code itu kurang lebih seperti halnya serial number. Itu mungkin kode yang kamu dapatkan jika sudah membayar biaya ujian (Mungkin). Dikarenakan saya ikut event jadi ujiannya grup dan kodenya diberikan oleh pihak event provider celluler tersebut.
  5. Hasil Ujian
    source : dokumentasi pribadi
    Hasil ujian diumumkan secara realtime setelah ujian. Disitu pula ujian kamu, disitu pula kamu tahu apakah berhasil lulus atau gagal. Ketika ujian pertama saya yang sertifikasi Adobe illustrator gagal langaung disitu pula muncul kata faill (cukup mengecewakan). Tapi ketika ujian yang ke dua Adobe Flash berhasil langaung muncul tulisan pass. Allhamdulilah akhirnya dapat sertifikasi internasional Adobe.
Itu saja step-step mendapatkan sertifikasi internasional. Kalo saya perhatikan waktu event tersebut justru sepertinya yang ikut sertifikasi desain mau itu grafisnya Adobe, 3D & 3D Arsitek Autodesk sepertinya sedikit kebanyakan MOS (Microsoft Office Software).

Comments As :

6 comments:

  1. bang,a da modul utk sertifikasi adobe illustrator?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bro, tapi saya gagal entah kenapa

      Ada event sertifikasi gratis lagi tu bro di ITB.

      Thnks, sduah berkunjung.

      Delete
    2. Bisa d bagi sama saya modul Illustratornya bang?
      ini email saya nagaadi3@gmail.com

      Terimakasih bang

      Delete
    3. Aduh lupa bro filenya sudah kemana ternyata, mungkin masih ada modul sharewre diinternet.

      Yang penting kalo ikut tes jangan cuman hafal shortcut doang. Harus tau cara step by step, tpi kadang juga ditanya shortcut. Pas diujiannya softwarenya kan khusus ujian jadi fitur ilustatornya banyak yang hilang.

      Misalkan ketika dibuka suruh duplicate objek kita cuman tau ctrl+c (windows) or cmd+c (Mac), itu jadi gak fungsi harus ke menu edit dst..

      Delete
    4. Makasih atas tipsnya bro.
      Susah nyari modulnya yg ilustrator d internet bro. Klu udh dpt mohon d kirim ke email saya td ya bro. Terimakasih

      Delete
    5. Oke siap bro, eh coba browsing telkomsel next
      http://indonesianext.id/

      Kalo gak salah taun ini ada sertifikasi adobe ato microsoft software bro, lulus gak lulus ikut aja gratis

      Delete


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved