Saturday, January 21, 2017

7 Hal Yang Mungkin Harus Dilakukan Pada Masa Awal Kerja

Pasa sebelumnya pernah memabahas tentang "3 Hal Yang Pasti Ditanyakan dan Dibahas Dalam Interview Kerja", tetapi bahasan kali ini yaitu tentang bagaimana dan hal-hal apa saja yang mungkin harus dilakukan dihari pertama kerja.

Oh iya sebelumnya selamat bagi teman yang sudah mendapatkan panggilan kerja dan menunggu hari h kerja. Pasti cukup kepikiran hari pertama kerja harus bagaimana. Apalagi bagi kamu yang masih frash graduate yang minim pengalaman. Ini ada sedikit tips berdasarkan pengalaman yang mungkin bermanfaat :
  1. Datang On Time
    source : pixels.com
    Usahakan kalau bisa datang lebih awal. Jangan sampai hari pertama kerja datang terlambat.

  2. Pakaian
    source : pixels.com
    Yang pertama, pastikan pakaian rapi dan sesuai sengan aturan perusahaan. Pakai parfume kalau perlu, jangan sampai hari pertama bau badan dan membuat rekan kerja ilfeel. Ingat First impression itu penting. Walau pun ada beberapa perusahaan agency yang tidak harus formal usahakan tetap rapi, wangi dan enak dilihat. Ingat satu hal pastiran Mandi sebelum berangkat kerja, buang kebiasaan ketika kuliah dulu.

  3. Berkenalan
    source : pixels.com
    Pada hari pertama biasanya akan dikenalkan dengan rekan kerja satu team dan diajak tour ke tiap-tiap ruangan team lain. Jika terlalu banyak teams lain dan kamu tidak dapat langsung mengingat nama-namanya mungkin bisa perlahan sambil berjalan. Pastikan ingat nama orang-orang penting dan rekan satu team dahulu.

  4. Sapa, Senyum
    source : pixels.com
    Pastikan selalu menyapa jika berpapasan dengan rekan kerja lain atau minimal bisa dengan senyuman. Bisa-bisa dianggap sombong kalau asal ngelewat aja.

  5. Ikut jam makan siang dan acara-acara kantor
    source : insidebandung.com
    Ketika jam istirat siang kalau bisa ikut dengan rekan satu team agar kamu lebih dekat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja. Dan Pastikan selalu ikut acara-acara kantor, jika ada.

  6. Jangan Malu Bertanya, Minta Tolong, Maaf dan Berterimakasih
    source : pixels.com
    Dan pastikan jika kesulitan, tidak paham dalam sesuatu hal dalam pekerjaan maupun luar kerjaan (nanya kosan etc) jangan malu untuk bertanya kepada rekan kerja untuk menjelaskannya. Dan jangan lupa berterimakasih jika mendapatkan bantuan dan minta maaf jika salah.

  7. Bawa cemilan
    source : pixels.com
    Satu lagi tips yang cukup tidak penting tapi bermanfaat. Ini salah satu tips yang ada pada artikel orang lain dan itu worth it.

    Bawa cemilan dan dimakan bareng-bareng itu bisa mencairkan suasana dan menjadi semakin akrab. Hanya sebungkus besar kacang kulit bisa dimakan bareng-bareng dan sudah lumayan cukup mencairkan suasana. Kalau ingin lebih akrab bawa saja koaci hehe

Itu saja mungkin beberapa tips yang mungkin harus dilakukan dihari pertama kerja. Kalau menurut kamu bagaimana? Ada tips lain? Share di kotak komemtar ya...

No comments:

Post a Comment