{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Pertama Kali Naik Pesawat Terbang (Pembelian Tiket Hingga Penerbangan dan Tipsnya)

Share kali ini berkaitan dengan pengalaman pertaman kali terbang dengan pesawat terbang. Pengalaman pertama naik pesawat itu suatu pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dan menegangkan. Berdasarkan pengalaman ini proses penerbangan dari awal hingga akhir dan tipsnya.
  1. Pembelian Tiket
    source : pixels.com
    Pastinya untuk bepergian dengan pesawat terbang harus beli ticket dahulu. Pastikan ketika membeli tiket harus sesuai dengan kartu identitas karena di airport akan dicocokan.

    Dan berdasarkan pengalaman membeli ticket pesawat tidak bisa memilih tempat duduk seperti pesan tiket kereta api. Seperti yang pernah saya share sebelumnya tentang perjalanan dan tips bepergian dengan kereta api.

    Pastikan ketika hari H keberangkatan bawa lah salinan booking code ticket atau e-tiket yang dibeli melalui agen maupun via marketplace atau media online ketika akan berangkat.

  2. Tips Keberangkatan
    source : pixels.com
    Kalau bisa beri waktu leda 2 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa siapkan kartu identitas (KTP) dan juga pastikaan lihat di ticket atau e-ticket penerbangan kamu di terminal berapa dan sebelah mana. Misalkan tujuan Jakarta - Denpasar yaitu terminal domestic B1, pastikan utuk menghindari kesalahan check and recheck lah dengan benar terminal mana. Khususnya di Sukarno Hatta Airport, Tangerang karena disana teminalnya lumayan besar.

  3. Tips Check In
    source : pixels.com
    Check in hanya cukup berbaris dan menunjukan ticket atau e-ticket dan karate identitas (KTP) kepada petugas. Dan pastikan sejam sebelum keberangkatan sudah check in, karena check in ditutup 30-45 menitan sebelum terbang. Dan disitu lah kita menitipkan barang jika saat pembelian ticket kita menambah sewa bagasi. Harga sewa bagasi berbeda-beda berdasarkan size.

    Dan setelah check in baru lah dapat selembaran kertas yang berisi informasi seat / tempat duduk kita sebelah mana, gate mana dan no penerbangan (misalkan Penerbangan JT503 Jakarta - Denpasar). Selamat jika pertama kali naik pesawat terbang mendapatkan seat dekat jendela sehingga bisa melihat seperti apa indahnya bentuk daratan lautan dari langit.

    Dan tips yang penting yaitu di check in area itu biasanya ada trolley man yang mau membantu penumpang kebingungan check in dan tidak usah berbaris serta memberikan trolley agar barang kita lebih mudah diambil dan menitipkan barang jika ada sewa bagasi. Dan hati-hati ada saja trolley man yang mencari keuntungan dari penumpang yang kebingungan untuk menghasilkan uang. Penerbangan selanjutnya saya mengerti dan tidak menggunakan jasa mereka lagi kecuali kalau teman-teman banyak uang atau telat dan terburu-buru, boleh lah check in tanpa baris.

  4. Tips Melewati Pemeriksaan Barang
    source : dokumentasi pribadi
    Pemeriksaan barang dibandara itu dilakukan berkali kali dan cukup menyita waktu, apalagi jika dalam posisi buru-buru. Dan barang elektronik seperti jam tangan, handphone, laptop etc harus masuk x-ray scanner. Dan jaket juga harus dibuka entah kenapa. Dan berdasarkan pengalaman saya dilarang membawa benda tajam.

    Kebetulan di tas saya ada peralalatan zaman kuliah dulu seperti gunting, kater dan isi kater, itu langsung disita atau jika ingin dibawa boleh saja tetapi kena charge karena harus melalui sewa bagasi. Untuk sewa bagasi harus kembali beraris kembali ke lokasi check in.

  5. Nyantai Boarding Room dan Menunggu Keberangkatan Dipanggil
    source : dokumentasi pribadi
    Setelah check in dan mengetahui posisi duduk kita dimana dan no penerbangan kita hanya tinggal menunggu panggilan (Misalkan penerbangan JT503 Jakarta - Denpasar diperailahkan untuk masuk pesawat). Di tempat menunggu itu juga terdapat kursi-kursi duduk, toko oleh-oleh, cafe-cafe etc.

  6. Duduk dikursi yang tertera di tiket dan ikuti instruksi yang diberikan

    Something never seen before - Awesome #cloud #sky #plane #airport

    A post shared by ReynaldiJulioSetiabudi (iJul) (@reynaldijuliosetiabudi) on

    source : pixels.com
    Setelah dipanggil untuk segera masuk pesawat dan memasuki pesawat duduklah di seat kursi yang sesuai tertera diselembaran check in. Atau tunjukan selembaran tersebut kepada pramugari dan mereka akan membantu mengantarkan ke seat kursi kamu. Dan dengarkan intruksi yang dierikan.

  7. Tips Menghindari Nyeri Telinga
    source : pixels.com
    Ada kasus untuk beberapa orang merasakan sakit telinga. Penyakit itu biasanya nyeri, ngilu serasa ada sesuatu yang menekan ke dalam telinga dan terasa kepala akan pecah. Setelah nanya-nanya, baca artikel jangan lah kaget, itu karena perbedaan tekanan udara. Kejadian sakit telinga itu bisa terjadi ketika take off, landing dan atau ketika pesawat naik turun diudara. Kejadian itu disebut oklusi tuba.

    Dan ini tips cara menghindarinya yaitu bisa dengan menggunakan headphone untuk menutup telinga, menelan ludah atau mengunyah permen karet. Selintas tersadar juga ternyata pramugari dipesawat mengunyah permen karet juga, ada kemungkinan untuk menghindari kejadian tersebut.

  8. Landing dan Ambil Barang
    source : pixels.com
    Ketika akan segera tiba ditempat tujuan akan ada peringatan yang menyatakan bahwa pesawat akan segera tiba dan dipersilahkan untuk kembali ke tempat duduk dan mengencangkan sabuk pengaman hingga pesawat mendarat dengan sempurna.

    Setelah sampai pastikan check barang-barang tidak ada yang tertinggal. Keluar dari pesawat bisa lewat pintu depan atau belakang. Ikuti seja penunjuk arah (sign system) untuk mencari jalan keluar, toilet atau pengambilan barang bagi yang menyewa bagasi.

Begitulah pengalaman terbang dengan pesawat dari proses beli ticket hingga terbang. Siap naik pesawat? Semoga selamat sampai tujan. Dan Semoga tipsnya bermanfaat. Terimakasih

Comments As :

No comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved