{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



4 Hal Tentang Suka, Dukanya pada Masa Probation Kerja

​Kembali membahas tentang dunia kerja aka #work. Tak terasa masa-masa probation kerja telah selesai, dimana proses penilaian calon karyawan baru dalam jangka waktu tertentu untuk diangkat menjadi karyawan atau tidak diangkat jadi karyawan jika tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Probation kerja durasi waktunya berbeda-beda ada yang satu tahun, 6 bulan dan paling pendek 3 bulan. Dan pada masa itu prusahaan memberikan salary sementara sebelum diangkat menjadi karyawan. Banyak suka duka dalam masa probation. Apa saja itu?

  1. Jadi Objek Penilaian
  2. source : pixels.com

    Yang pertama adalah dinilai. Pada masa itu banyak yang dinilai dari diri kita mulai dari time management, problem solving, attitude, critical thinking, adaptation etc. Lakukan yang terbaik saja dan jangan banyak mengeluh. Jika tidak ada kerjaan coba lah bertanya jika memungkinkan ada pekerjaan yang bisa kita bantu. Walapun misalkan kamu termasuk orang yang kaku, pemalu tetaplah coba untuk bertanya. Jadikan kesempatan untuk terus belajar dan belajar.

    Minimal pihak perusahaan melihat jika kemampuan komunikasi kamu jelek mungkin ada sisi lain yang menarik dan dapat dipertimbangkan kembali. Karena faktanya tidak ada manusia yang sempurna dalam segala hal.

  3. Was-was Pada Akhir Waktu Probation
  4. source : pixels.com

    Ketika waktu mulai memasuki akhir-akhir probation suasana mulai menjadi scary moment segalanya terasa tegang. Akan kah kita mendapatkan pekerjaan atau menjadi job seekers kembali, sukur-sukur punya usaha sendiri kalo ada modal. Disitu akhirnya hanya menunggu dan menunggu bagaimana kabar akhirnya.

  5. Ada Teman Yang Jadi Karyawan dan Ada Yang Tidak Diangkat Jadi Karyawan
  6. source : pixels.com

    Pada masa penentuan dimana kita diterima atau tidak diterima jadi karyawan rasanya sangat aneh. Kenapa? Karena ada rasa senang dan sedih yang bercampur jadi satu. Rasanya senang ketika diterima menjadi karyawan tetapi sedih juga ketika teman seperjuangan ketika probation tidak diterima jadi karyawan. Jangan sampai senang diatas penderitaan orang lain. Semoga teman seperjuangan dapat suskses juga dijalan lain. Karena masih banyak jalan menuju cina.

  7. Fixed Salary
  8. source : pixels.com

    Setelah sukses diterima menjadi karyawan di fase itu lah salary kita dipertimbangkan kembali dari hasil penilaian kinerja kita semasa probation, layak dibayar sebesar apa dengan kemampuan yang kita miliki. Semoga cocok dengan salary yang diberikan.

Itu lah suka dukanya dalam masa probation kerja. Semoga yang sedang menjalani masa probation kerja diterima oleh perusahaan. Dan gajinya cocok 😀

Comments As :

No comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved