Thursday, December 07, 2017

Hal Yang Dibahas di Event K-Arts AMA Scholarship Admission Fair 2019 Jakarta

Konten kali ini khusus untuk yang berminat untuk bersekolah di Korea Selatan dan didanai juga oleh pihak mereka. Jadi Intinya AMA scholarship itu beasiswa kuliah seni di Korea Selatan tepatnya di Korean National University of Arts bagi yang merasa berbakat dalam seni untuk beberapa Negara Asia (termasuk Indonesia). Dan Scholarship ini didukung dan didanai oleh pemerintah Korea.

Pada tanggal 6 kemarin diadakan event K-Arts admission fair 2019 in take di Conclave Coworking Space - South Jakarta. Pada event tersebut pihak dari mereka datang ke indonesia untuk menjelasan proses pendaftaran dan syarat-syarat terbarunya. Syaratnya sepertinya masih mirip-mirip dengan yang tahun lalu yang sekarang masih terpang-pang diwebsite resminya. Berikut materi yang dibahas oleh Mrs.Yuwon Kwon dan Mr. (siapa saya lupa hehe) dari awal sampai akhir:

  1. Perkenalan AMA dan Screening Portfolio Mahasiswa
  2. source : eng.karts.ac.kr:8090

    Yang pertama hanya membahas tentang kampus dan alumni. Dan memperkenalkan artists yag suskes yang dulu kuliah disana. Dari musisi, aktor sampai lulusan indonesia juga yang sekarang jadi professor. Beberpa video yang di tayangkan ada di youtube officialnya.

  3. Bonafit / Keuntungan:
  4. source : pixels.com
    • 4 bulan training bahasa Korea Gratis + Trip Tentang Korea
    • Tiket Pesawat Kelas Ekonomi PP (pulang pergi). Ketia Tiba dan setelah menyelesaikan studi.
    • Biaya Bulanan sebesar KRW 800.000 (715USD)
    • Asuransi kesehatan (cakupan terbatas)
    • Diprioritaskan yang mendaftar yang akan tinggal di Asrama
  5. Cara Apply
  6. source : pixels.com
    • Aplikasi AMA. Dimulai dari formulir, essai (rencana study dan pengenalan diri), paspor, surat rekomendasi, keterangan sehat.
    • Sertifikat Pendidikan. Legalisir bukti lulus dipolma atau sarjana yang sah dan telah diterjemahkan kedalam bahasa inggris atau korea. *dilegalisir oleh konsultan korea di negara bersangkutan. (contohnya:kementrian luar negri republik korea)
    • Portfolio dan Sertifikasi Bahasa. Pada proses ini biasanya tergantung jurusan yang akan diambil. Ada beberapa yang mengharuskan melampirkan portfolio dan ada yang tidak harus melampirkan. Begitu juga dengan sertifikasi bahasa. Ada yang mengharuskan sertifikasi TOPIK bahasa korea level tertentu ada juga yang meharuskan sertifikasi Bahasa Inggris (TOEIC, TOEFL, TEPS, IELTS) dan bahkan ada juga yang tidak memerlukan sertifikasi bahasa seperti jurusan musik dan tari. Info ini berdasarkan selembaran yang dibagikan pada event tersebut dan akan segera diupload ke official website kampusnya.
    • Pengiriman dokumen yang akan diterima hanya yang dikirim via POS (offline). Jadi program ini tidak ada online admission. *pastikan cap pos tidak lebih dari tanggal 30 Juni 2018.
  7. Timeline & Deadline
  8. source : pixels.com
    • Maret - Juni : Pendaftaran Formulir
    • Juni - September : Seleksi administrasi dan pengolahan data (mungkin juga wawanara) & Pengumuman hasil.
    • September - Oktober : Pembuatan Visa dan Datang ke Korea
    • November - Februari : Kursus Bahasa Korea
    • Maret : Upacara Martikulasi dan Mulai Masuk Universitas
  9. Berikut Beberapa QnA di Event tersebut
  10. source : pixels.com
    • Tentang Essay, Pastikan essay ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Korea. Kalau tidak pihak kampus bingung, sambil bercanda kata Mrs.Yuwon Kwon.
    • Tentang Portfolio, Portfolio tidak boleh berbentuk online. Lebih baik dicetak atau dimasukan kedalam cd dan dilampiran pada application submition.
    • Tentang Keterangan Sehat, Nah ini pertanyaan yang saya pertanyakan dan diwakilkan oleh orang lain yang bertanya. Dia bertanya apakah harus rumah sakit spesifik atau khusus karena dia datang harus flight hingga sampai Jakarta. Dan ternyata kita bisa tes kesehatan di rumah sakit atau klinik terdekat di kota kita sendiri. Soalnya ini bukan salah satu hal yang diproritaskan yang sangat diprioritaskan adalah portfolio. Tapi lampiran ini harus ada juga.
    • Tentang Surat Rekomendasi, Surat rekomendasi juga tidak ribet juga yang pending dari orang yang benar-benar kanal siapa kamu.
    • Tentang Umur, Ada yang bertanya juga dia umur 24 dan jika dia apply di tahun berikutnya juga masih bisa? Masih bisa. Dan saya lupa apakah pembicara membahas masksimal umur apa tidak. Yang pasti 25 ke bawah aman lah.
    • Dsb saya lupa apa saja yang dibahas maklum kemampuan bahasa Inggris yang minim hehe

Hanya itu saja beberapa informasi yang saya tangkap pada acara tersebut. Semoga bermanfaat. Mungkin lebih detailnya tunggu saja sampai formulir terbarunya diupload diwebsitenya. Terimakasih sudah membaca. Dan pada link berikut bahasan yang lebih nyantai #dailylife tentang suasana event "Serunya Event K-Ars AMA Scolarship Admission Fair in Take 2019 - Jakarta".

15 comments:

  1. Terima kasih banyak. Postingannya bagus kak, sangat membantu. ��

    ReplyDelete
  2. perkenalkan saya dian, saya mau bertanya untuk sertifikat pendidikan apa bisa menggunakan ijazah SMA? karna saya ingin mengambil pendidikan S1 nya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kemarin di event itu banyak anak SMA juga, pastikan sudah diterjemahkan ke dalam inggris atau korea. Dan pastinya submit portfolio juga katanya...

      Thanks sudah berkunjung

      Delete
    2. ok, terimakasih infonya. berarti tinggal tunggu pengumuman resmi dari webnya saja ya untuk download formulir thn 2018nya?

      Delete
    3. Iya tinggal tunggu aja, saya juga jadinya apply tahun depan hehe
      TOPIK Tes nya telat daftar...

      Delete
    4. ok sekali lagi terimakasih banyak yah, mungkin nanti maaf kalau saya bertanya lagi kalau ada yg ragu atau kurang jelas.
      semoga berhasil di tahun depan.

      Delete
    5. Sip tanya aja dan mudah-mudahan bisa jawab
      Amin, thanks juga ya udh berkunjung ...

      Delete
  3. kak , mau tnya dong gmnaa caranya dapatin surat rekom dari kedutaan kore?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau, tapi kemaren ada yang sharing gak bisa dapet dari kedutaan.
      Pasa acara event itu juga semnya bilang rekomendasi dari orang yang bener know who you are katanya..., :D

      Yg kmren ya.. haha

      Delete
  4. Ka itu harus lampirkan sertifikat tes TOPIK jg kh? Klau cuman TOEFL bisa gak?

    ReplyDelete
  5. kak mau tanya, kalau visa nya itu diurus kita sendiri apa sama pihak AMA nya ya kak?

    ReplyDelete
  6. Permisii kak mau tanya nih,, surat rekomendasi nya itu dari siapa aja kakk??

    ReplyDelete