Sunday, December 03, 2017

5 Alasan kenapa Orang Cina Di Indonesia Banyak Yang Kaya

Pasti banyak orang bertanya-tanya kenapa sih kebanyakan pengusaha besar di Indonesia etnis tionghoa? Kenapa tidak didominasi dengan orang asli bangsa kita? walaupun ada juga orang indonesia asli yang kaya. Berikut alasan kenapa orang tionghoa di Indonesia banyak yang pada sukses berdasarkan pengamatan pribadi. Ya saya kerja di sebuah perusahaan swasta yang dimana owner nya tionghoa.

  1. Pekerja Keras / Etos kerja tinggi
  2. source : pixels.com

    Waktu adalah uang. Ya, mungkin kata-kata ini sering kita dengar tapi kadang sulit untuk melakukannya dan hanya berleha-leha dan bermalas-malasan. Bagi kebanyakan suku tionghoa tidak ada lagi kata waktu yang terbuang, yang penting itu kerja, kerja, kerja.
 Dan itu berdasarkan pengamatan pribadi benar terjadi. Bahkan suatu hari ketika salah satu leader saya (perempuan) diperusahan baru saja melahirkan tetap memikirkan masalah kerjaan. Bahkan dihari itu juga masih bisa kirim email membahas kerjaan. Cukup tercengang bagaimana bisa masih memikirkan kerjaan dalam keadaan seperti itu.


    Dan berdasarkan pengamatan pribadi dan berbincang dengan rekan kerja yang pernah lembur dengan owner juga ketika semua karyawan pulang mereka tetap kerja dan bisanya itu sampai malam. Mulai dari membuat listing yang harus dikerjakan selanjutnya, mereview ulang kerjaan dan bahkan masih mau merivisinya jika masih simple untuk diperbaiki.


    Menjadi owner bukan berarti hanya membayar karyawan saja tetapi merka mempelajari dari pegawainya. Misalkan dia tidak tahu bagaimana cara membuat sesuatu dan memberikan tugas tersebut pada karyawan. Jika karyawannya menemukan solusinya dan bisa membuatnya dia minta ceritakan, ajarkan bagaimana cara membuatnya.

  3. Banyak Relasi dan Tidak Bergantung Pada Sedikit Orang
  4. source : pixels.com

    Relasi itu sangat penting dalam berbisnis. Mereka selalu membangun relasi yang baik dengan orang, dengan client. Mereka selalu ingin memberikan yang terbaik pada client dan terjadilah hubungan yang berkepanjangan.

    Dan yang paling saya sukai mereka tidak bergantung hanya pada beberapa orang saja. Misalkan ketika karyawan terbaiknya keluar mereka tidak terlalu memusingkannya karena faktanya mereka jadi owner pun telah banyak belajar juga dari karyawannya. Sama halnya vendor, jika misalkan mereka pada bidang produksi mereka juga tidak hanya ketergantungan dengan satu vendor tapi dengan beberapa vendor. Sehingga dari itu juga jadi lebih mudah untuk compare harga, quallity juga.

  5. Selalu Berhemat & Irit
  6. source : pixels.com

    Mereka selalu irit dan cerdas dalam mengelola ke uangan. Bahkan ketika membeli barang selalu detail melihat harga barang walau pun harganya turun sedikit. Dan pintar-pintar dalam membeli barang ketika promo.


    Dan perah juga pernah saya melihat zaman di kota kelahiran saya ada seorang pengusaha toko glosiran tionghoa juga dan dia benar-benar sangat irit. Bagian ruangan yang didalam rumahnya pada gelap, ternyata mereka mengirit listrik karena ruangan lebih baik mati jika tidak ada orang didalamnya yang beraktifitas.

  7. Bukan hanya menabung tapi Berinvestasi
  8. source : pixels.com

    Bahkan saya pernah mendengar juga bahwa mereka mereka menyimpan uang hampir 50% dari penghasilannya dan mereka bukan hanya menumpukan uangnya tapi diinvestasikan. Atau lebih umum kita dengar uangnya digolangkan kembali. Jadi uangnya jalan tidak haya diam dibank. Dan dikarenakan banyak nabung dan berinvestasi jika membeli barang lebih suka cash dari pada kredit.

  9. Membeli Fungsi Bukan Gengsi
  10. source : pixels.com

    Mereka membeli barang berdasarkan fungsi dan kualitasnya. Bahkan beberapa dari mereka dalam berpakaian pun sederhana dan baju lama pun masih digunakan. Mereka tidak membeli barang yang unnecessary. Mereka membeli barang sesuai dengan kemampuan mereka dan tidak memaksakan kehendak. Seperti halnya smartphone mereka hanya membeli smartphone mahal jika dia benar-benar mampu membelinya. Mereka paling anti memaksakan kehendak apalagi seperti nyicil kredit.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin kebiasaan kecil yang dapat membuat tionghoa di Indonesia kaya dan sukses. Maybe, It’s Just My Opinion.

No comments:

Post a Comment