Friday, December 15, 2017

Serunya Event K-Arts AMA Scholarship Admission Fair intake 2019 di Jakarta

Postingan kali ini sebenarnya hanya basa-basi tentang event tersebut. Jika ingin langsung ke inti pesan konten materi event tersebut ada pada link dibawaah diakhir postingan ini.

Jadi pada suatu hari iseng-iseng melihat-lihat konten scholarship di internet dan menemukan K-arts AMA Korean Scolarahip, dan kebetulan saya cukup tertarik dengan Negara Gingseng tersebut. Terus diselidiki dan akhirnya menemukan informasi bahwa AMA Scholarship akan mengadakan Admission fair in take 2019 dibeberapa negara asia dan Indonesia salah satunya. Dan kebetulan sekarang saya tinggal di Jakarta maka memutuskan untuk menghadiri event tersebut siapa tau jadi makin serius termotivasi untuk apply.

Pasti teman-teman bertanya, lah kenapa in take 2019? Itu kan masih lama. Karena prosesnya panjang (proses detailnya ada dilink diakhir post ini). Dan ternyata hari eventnya diselenggarakan pada hari kerja dan mungkin itu juga salah satu alasan mengapa tamu eventnya tidak terlalu banyak. Tapi untungnya boss di kantor saya memberikan izin dan memberikan dukungan untuk ikut acara tersebut. Dan mudah-mudahan info ini bermanfaat bagi yang tertarik juga tapi tidak bisa hadir.

source : dokumentasi pribadi

Akhirnya pergi ke event tersebut yang diadakan di working space Conclave Jakarta. Dan ternyata rata-rata perempuan dan laki-laki hanya 3 orang. Yang satu bapak-bapak untuk mendaftarkan anaknya. Dan ternyata setelah bebincang-bincang dengan tamu disana ternyata cukup banyak yang sudah prepare dari portfolio sampai mengambil kursus bahasa Korea.

Ternyata orang Korea yang terkenal disiplin jadi telat juga ketika datang ke Indonesia, karena macet ("traffic's so heavy" katanya wkwkwk). Dan sebelum pihak AMA memberikan materi, mereka membagikan papper material dan souvenir bagi 50 orang pertama. Sayangnya banyak yang tersisa bahkan boleh ambil lebih jika temannya mau tapi tidak dapat hadir. Ini dia souvenirnya tote bag hehe lumayan lah.

source : dokumentasi pribadi

Acara cukup menarik dan saya menyimak dari awal sampai akhir walau pun harus berfikir keras untuk mencerna informasi tersebut karena kemampuan bahasa inggris yang jelek. Apa lagi saya datang on time dan ditanya rencana mau apply major apa (dalam bahasa inggris). Kaget juga tapi untung bisa menjawab. Dan yang paling pertama ditanya jadi tanpa prepare haha.

Tapi sayang pas screening tentang kampus dan portfolio ada masalah dengan audio speakernya. Crew working space nya juga malah bingung entah masalahnya dari kabel, dari jack converter. Dan beberapa tamu juga yang laki-laki mencoba membantu dan tidak berhasil. Dan akhirnya saya yang punya kepribadian pendiam banget tiba-tiba jadi overactive dan berani untuk try to fix the problem dan akhirnya berhasil.

Masalahya di control panel in/out audionya. Audionya keluar via HDMI jadi keluarnya hanya di speaker Infokus. Dengan kemampuan bahasa inggris yang hancur ditambah hal lucu juga ternyata laptopnya si pembicara ternyata bahasa korea dan semua tamu yang kebanyakannya perempuan berkata "hayoh gmana hayo". Dan si pembicara juga membantu saya mentranslate. Terdengar dia berkata "sori odie issoyo? ooo yogi", dan saya cukup paham juga apa maksudnya, ketemu dan akhirnya audionya keluar.

Control Panel Korean Version

Salah satu pengalaman yang menyenangkan sekali bagi bagi saya seorang yang sangat pendiam dan memberanikan untuk lebih berani berbaur. Dan sekalinya berani berbaur langsung dengan orang yang berbeda bahasa. Dan pas sesi QnA jadi berani juga nyoba berbicara pake bahasa korea. (ketika pulang kerumah kepikiran itu pake bahasa formal atau informal ya? Wkwkwkwk). Cukup saja basa basinya, sebelum ngelantur lebih jauh. Terimakasih jika telah membaca basa-basinya hingga akhir. Langsung saja kita lanjut ke inti pesan.

Setelah pembicara sudah selesai menyampaikan semua materi dan QnA ternyata masih banyak yang harus dipersiapkan untuk apply beasiswa tersebut. Dan bahasan intinya ada pada link disini.

Requirement

15 comments:

  1. Halo perkenalkan saya dian, saya mengikuti informasi beasiswa dari k arts hanya dr web dan baru tau kalau ada info ini di facebook. Kalau saya tidak ikut saat acara tersebut apa masih bisa ikut untuk mendaftar? Mohon bantuannya ,Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa apply aja, itu cuman pengumuman tentang beasiswanya, syarat, deadline & konseling aja. Sesudah acara beres ada beberapa orang yang ngobrol-ngobrol konseling juga...

      Delete
  2. Hi,
    Aku lagi nunggu announcementn yang di webnya nih ga di post post.
    Mau tanya boleh?

    Itu waktu datang keacaranya dapat panduan persyaratan untuk ikut kya yang tersedia di web buat tahun lalu kah?
    Formulir pendaftarannya ada juga?

    Kalau dapet, ada perbedaan yg signifikan ga dari syarat pendaftaran yg tahun ini sama tahun lalu...?

    Terus kk nya mau daftar jurusan apa? Ada persiapan apa saja kah klo boleh tau..? .-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di acara kemarin mereka bilang formilir di web sekitar maret - juni.

      Formulir belum ada cuman informasi diutamakan untuk yang tinggal dormitory dan syaratnya. Rata-rata kalo jurusan film, tv, & multimedia syarat minimum TOPIK ada yang 2 ada yang 3. Dan arsitek malah harus ada topik dan sertifikasi inggris (TOEIC, TOEFL, IELTS) berdasarkan kertas yang dibagikan kemarin.

      sertifikasi sama dirokemendasiin tinggal di dormitory sih yang saya tangkep

      Interaction Design

      Delete
    2. Interaction Design, dan persiapannya lagi ngejar topik. Gara-gara telat daftar jadi testnya nanti.

      Delete
  3. Wah iya, kemarin juga aku kelewatan daftar topik yg di jakarta, terus akhirnya malah ikut daftar yg di singapore.. :')
    Memang waktu daftar topik itu mepet sekali ya, jadi sedih.. hehe..

    Kalau boleh, persyaratannya boleh ikut di upload engga?
    Aku penasaran, terus karena ga ada kejelasan di web, berasa kya nunggu harapan kosong..

    Karena gtw info yg sekarang sama sekali.. :(

    Anyway semangat ya ka..
    Semoga kita bisa ketemu disana.. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu diseminar kemarin sem nya nunjukin jadwal TOPIK kan dalam 1 tahun ada 4 kali.
      dia rekomendasiin yang second term sambil prepare belajar 4 bulan dari event tersebut dan jika lulus langsung kirim katanya.

      Eh ternyata di Indo gak 4 kali lah, ia bener tuh harus terbang ke singapure malaysia paling untuk TOPIKnya X_X

      Boleh paling di fotoin, itu yang diatas kertas selembaran sebenernya persyaratan dan timeline proses daftar tapi fotonya gak di zoom haha

      Mudah-mudahan ketemu dan pada keterima ...

      Delete
    2. iya, itu aku sebenernya pingin tau jurusan yang ku incer persyaratannya masih sama atau engga kya yang tahun lalu.
      jadi kalau ada yang berbeda kan bisa di kejar dulu gitu.. :')

      aminin deh ya..
      selamat berjuang, semoga kita kita mendapatkan apa yang kita harapkan.. :D

      thank you ya ka..

      Delete
    3. Emang mau ambil jurusan apa? Tar dikomenin syarat minimalnya

      Amin.., sukses selalu

      Makasih juga udah berkunjung bro

      Delete
    4. maaf nyambung yg di atas, kalau mau ambil jurusan school of music ambil yg violin, kirakira tau syarat minimalnya? selain yg ada di form tahun lalu.

      Delete
    5. Music dan Dance kalau saya liat kemarin gak terlalu ribet harus sertifikat bahasa ini itu lah, gak ada minimal-minimal level bahasa.

      Coba Apply aja, yang harus itu kirim demo video main musik. Demo 1 lagu bebas dan ada 1 lagu yang harus dimainin (lupa judulnya apa, ada di lembarannya).

      Delete
    6. oh iya mirip seperti tahun lalu yah. mau tanya kl ga salah deadline yg saya lihat di foto di atas itu pengumpulannya sebelum 29 juni 2018 ? tapi sepertinya sampai sekarang belum ada form terbaru nya utk 2018. baiknya gmn ya? takut mepet persiapannya.

      Delete
    7. Berdasarkan info seminar deadline nya tgl segitu, tidak tahu juga apakah sudah fix atau ada perubahan lagi.

      Detailnya ada disini
      https://blog.reynaldijuliosetiabudi.com/2017/12/hal-yang-dibahas-di-event-k-arts-ama.html

      Disitu harusnya pendaftaran maret - juni, tapi di cek diwebnya resmi belum ada formulirnya. Sepertinya sebenatar lagi diupload, soalnya sudah masuk maret

      Delete
  4. iya saya juga selalu cek tiap hari, takutnya ketinggalan info. siap deh makasih ya. semoga segera ada pengumumannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Form 2019nya sekarang udah update sudah ada di official sitenya :D

      Delete