Monday, February 12, 2018

Cara Menabung Uang Yang Sesuai Target

Kembali memposting konten yang berkaitan dengan #financial. Pastinya dalam hidup ini kita ingin menabung untuk masa depan, mungkin buka usaha sendiri, beli kendaraan pribadi sendiri, rumah sendiri etc. Tapi entah mengapa terkadang penghasilan hanya lewat saja dan tidak mengumpul-ngumpul. Sepertinya tips nabung ini bisa workout dan tercapai targetnya.

  1. Pisahkan Uang untuk Daily Usage dan Tabungan
  2. source : pixels.com

    Pertama pastikan ketika mendapatkan pemasukan dibagi antara saving dan daily usage. Ayu coba ilustrasikan, misalkan ketika mendapatkan gaji bulanan 5 juta rupiah pastikan bagi dua misalkan 2.5 juta nabung 2.5 juta untuk biaya hidup. Jika bisa konsisten mungkin dalam setahun sudah bisa menabung sebanyak 30 juta ditambah THR (tunjangan hari raya) mungkin bisa menjadi 35 juta. Apalagi jika konsisten selama 3-5 tahun bisa mencapai ratusan juta belum ditambah kenaikan gaji. Lumayan bukan untuk modal bisnis, nikah, dp beli rumah, beli mobil etc.

  3. Bagi dan Targetkan Uang Harian Untuk Kebutuhan Sehari-hari
  4. source : pixels.com

    Kalau sudah dibagi mana untuk saving dan daily usage bagi kembali uang daily usage tersebut per hari dalam sebulan (kadang 28, 29, 30, 31). Ayo kita lanjutkan illustrasi cerita diatas. Misalkan di target kan untuk daily usage 2.5 juta rupiah maka kurangi dahulu untuk biaya tempat tinggal misalkan biaya kost perbulan 700 ribu rupiah berarti sisanya 1.8 juta itu dibagi 30/hari jadi kita kalau bisa perhari maksimal mengeluarkan duit 60 ribu rupiah.

    2.500.000 - 700.000 = 1.800.000 : 30/hari = 60.000/hari
    Uang Untuk Biaya Hidup - Biaya Kost = Sisa : hari dalam sebulan = Target Uang harian

  5. Jika Uang Harian Tidak Cukup Boleh Ambil Dari Uang Hari Besoknya
  6. source : pixels.com

    Mungkin ada juga teman-teman yang masih merasa kurang cukup target hariannya, lalu gimana solusinya? Solusinya pakai saja uang ke esokan harinya atau hari sebelumnya. Misalkan pada 10 hari pertama lebih irit 10 ribu dari target harian 60 ribu hanya menggunakannya 50 ribu maka sisanya itu bisa dipakai untuk hari kedepan.

    10/hari irit x 10.000 = 100.000 + 60.000 = 160.000/khusus hari tertentu karena sisa kemarin

    Atau juga mungkin bisa kurangin target nabung misalkan dari pendapatan 5 juta ditabungnya 2 juta saja dan biaya hidup 3 juta.

  7. Rubah Target Uang Harian Jika Ada Pengeluaran Dadakan
  8. source : pixels.com

    Terakdang ada saja hal tidak pernah terbayangkan dan harus mengeluarkan uang. Kalau bisa jangan ambil dari uang yang disimpan jika terkecuali tidak ada jalain lain dan jumlah yang harus dikeluarkan besar.

    Kembali ke illustarsi, misalkan harus service motor dan otomatis uang keluar. Maka dari itu solusinya yaitu lihat berapa sisa uang daily usage bagi lagi ke sisa hari dalam sebulan itu. Ilustrasinya misalkan pada hari service motor dan target harian itu sudah konsisten selama 15hari berarti sisa uang harian sekitar 900 ribu. Dan dikarenakan harus membayar service motor 200.000 ribu maka sisanya tinggal 700 ribu rupiah maka bagi saja sisa 15 harinya. Maka setelah hari service motor tersebut kedepannya uang hariannya berubah jadi 46.666 rupiah/hari.

    1.800.000 - 900.000/uang selama 15hari = 900.000 - 200.000 = 700.000 : 15/hari = 46.666/hari

  9. Coba Rubah Gengsi Jadi Investasi
  10. source : pixels.com

    And the last is the most important things. Jangan gengsian, susah-susah gampang dan kadang suka panas liat orang hehe. Jangan sampai setiap ada gadget terbaru langsung upgade, beli dan lupa investasi. Yang namanya barang elektronik apalagi gadget harganya bisa turun drastis. Kecuali kalau pintar-pintar beli barang bekas murah berkualitas dan bahkan mungkin bisa jadi investasi dijual untung lagi. Tapi harus dalam waktu cepat karena harga gadget cepet sekali turunnya.

    Jadi menurut pendapat saya kalau mau upgrade juga boleh saja. Tapi beli saja barang bekas dari orang yang gengsinya tinggi dan memaksakan kehendak yang ternyata akhirnya butuh uang kembali. Lumayan kan bro...

Ya, mudah-mudahan dengan cara ini bisa kecapai targetnya. It's just my opinion. What's your opinions? Isn't working? Lets comments your opinions

No comments:

Post a Comment