Monday, February 05, 2018

Hal Simpel Yang Bisa Buat Kita Jadi Lebih Irit dan Tidak Boros Diperantauan

Postingan kali ini berkaitan dengan bagaimana cara irit dan tidak boros diperantauan versi pengalaman. Sadar tidak sadar ada saja hal-hal sepele yang secara tidak sadar membuat kita boros dalam pengeluaran. Memag hanya hal spele tapi jika dikalikan bertahun-tahun mungkin bisa jadi bekal untuk masa mendatang. Apa saja hal kecil tersebut?

  1. Membiasakan Membawa Botol Minum Sendiri
  2. source : pixels.com

    Akan lebih baik jika bepergian bekerja atau beraktifitas sehari-hari membawa botol minum sendiri. Terkadang kita tidak sadar ketika bepergian kita kehausan dan membeli botolan air mineral dari hari ke hari. Memang murah tapi bayangkan jika sehari beli botol sebulan jadi berapa? Dan jika setahun jadi berapa? Lumayan juga kan jika dihitung-hitung?

  3. Makan Ditempat
  4. source : inisehat

    Nah kalau makan diwarung nasi lebih baik jika dimakan ditempat saja karena sudah dapat bonus minum. Jika di bungkus otomatis minum air galon dikosan yang otomatis mengurangi stok air di kosan. Ini kalau di warung nasi atau warteg ya, kalau restoran ya kadang harus beli minum. Hehe

  5. Masak Nasi sendiri
  6. source : pixels.com

    Akan lebih irit lagi masak sendiri jadi ke warung nasi hanya beli lauknya saja. Karena memasak makan sendiri adalah cara terbaik untuk ngirit.

  7. Pilih Public Transportation Yang Termurah
  8. source : pixels.com

    Nah kalau misalkan tidak mempunyai kendaraan bermotor pilih lah dan cari-cari informasi tentang public transportasi yang termurah. Misalkan dari jakarta ke depok naik ojek online 32.000 rupiah dan langsung main naik aja, sedangkan ada transportasi alternative seperti computer line yang hanya 3.000 rupiah sekali jalan.

    Dan kalo misalkan ketika bepergian jika jaraknya deket kurang dari 1km jalan saja jangan main pesan ojek online. Lumayan lah olah raga dan siapa tahu suatu saat nanti kita tinggal di negara barat sana yang budaya jalan kakinya luar biasa kuat.

  9. Peralatan Madi Bawa Ke Kamar
  10. source : pixels.com

    Untuk anak kosan yang kamar mandinya umum dan bersama-sama terkadang ada saja yang jahil main pake aja alat mandi orang lain, saya juga pernah sih haha. Tidak masalah jika misalkan tetangga kosannya izin dahulu ketika meminta sampo atau odol, nah ini main pake aja without permission kan kesel juga. Nah maka dari itu alat mandi bawa ke kamar saja. Kalo kosannya punya kamar mandi masing-masing aman sih haha.

Gimana? Terlalu ekstrim kah? Hanya pendapat pribadi saja sih, menurut mu gimana?

No comments:

Post a Comment