Sunday, July 08, 2018

Jadwal Test Sertifikasi Bahasa Korea 2018 - TOPIK 60th

TOPIK?

Kalau dalam bahasa inggris sertifikasinya ada TOEFL, IELTS, TOEIC etc. Sedangkan TOPIK adalah kepanjangan dari Test of Proficiency in Korean, dalam bahasa Korea biasa ditulis 한국어 능력 시험 atau dalam bahasa Indonesia berarti Tes Kemampuan Berbahasa Korea. Sertifikasi ini sebagai pembuktian mahir dalam menggunakan bahasa asing dari negara tersebut.

Tes ini dibagi menjadi 2, yaitu TOPIK 1 dan TOPIK 2. TOPIK 1 untuk sertifikat TOPIK Level 1 dan 2. TOPIK 2 untuk sertifikat TOPIK Level 3, 4,5, dan 6.

Dan ingat ujian ini di Indonesia hanya diselenggarakan hanya 2 kali dalam setahun. Sertifikat ini biasa digunakan untuk mendaftar sekolah atau beasiswa Korea Selatan atau bekerja di Perusahaan besar Korea yang ada di Indonesia.

TOPIK 1
  1. Total Skor : 200 poin
  2. Waktu Ujian : 100 menit
  3. Jenis Ujian : Mendengar (뜨기) dan membaca (읽기)
TOPIK 2
  1. Total skor : 300 poin
  2. Waktu Ujian : 180 menit
  3. Jenis Ujian : Mendengar (뜨기), membaca (읽기), dan menulis (쓰기)
Persyaratan Pendaftaran:
  1. Membayar biaya pendaftaran:
    • TOPIK 1 = Rp. 150.000
    • TOPIK 2 = Rp. 250.000
  2. 3 lembar foto 3 x 4
  3. 1 lembar foto copy Kartu Identitas (KTP, Kartu Pelajar, Paspor, dll)
Dimana dilaksanakan ujiannya di Indonesia? Bisa dilihat digambar tersebut:

Untuk informasi saja kemarin saya sudah pergi ke JIKS Jakarta Timur untuk daftar ternyata diundur menjadi 27 July - 27 Agustus 2018 dan sepertinya disekolah JIKS sedang sibuk mengadakan acara, entah acara apa itu. Semoga pengalaman saya tidak membuat teman-teman bulak balik tidak ada hasil.

Untuk pendaftaran di UPI, Yogya, Bali saya masih tidak tau apakah on time atau tidak dan masih sama atau tidak. Dan informasi dan syarat-syarat diatas saya dapatkan dari internet, mungkin lebih baik kontak saja dahulu saja pada nomber yang tertera diatas untuk informasi dan syarat detailnya. Thanks sudah membaca, semoga bermanfaat.

Ke jiks ternyata diundur
source : dokumentasi pribadi

No comments:

Post a Comment