Tuesday, November 27, 2018

Tips Backpackeran ke Singapore

Traveling itu pasti moment yang ditunggu untuk menghilangkan penat rutinitas sehari-hari. Apalagi melakukan travel manca negara dan pertama kali. Biasanya para pelancong pemula di Indonesia banyak yang mencoba ke negara tetangga dahulu seperti Singapore, Malaysia sebelum ke negara yang lebih jauh dan lebih ribet karena harus mengurus visa. Kebetulan pada liburan kemarin ada short trip ke negri Singa Singapura dan banyak hal yang ditemui. Mungkin bisa dibagikan beberapa pengalaman, tips backpackeran ke Singapura.

  1. Yang Penting Untuk Dibawa
  2. source : pixels.com

    Yang pasti itu uang, passport tidak usah dibahas lagi itu jelas wajib dibawa. Yang kadang sepele dan ternyata sangat penting adalah colokan universal karena stop kontak disingapura bentuknya yang pipih 3. Tapi terkadang masih ada yang masuk dengan standard Indonesia punya yang seperti 2 jarum dan kadang tidak masuk karena bentuk stop kontaknya terlalu pipih.

    Terus kalau backpackeran lebih baik mie instan cup, roti biar bisa menekan budget dana. Ternyata di hostel Singapura jual mie instan cup merek ternama Indonesia juga.

  3. Penginapan
  4. source : pixels.com

    Untuk menekan dana penginapan pilih lah hostel kapsul dari pada hotel berbintang. Biasanya hostel kapsul bayak digemari turis backpacker. Hostel kapsul itu biasanya dalam suatu ruangan terdapat box-box kasur yang bisa dimasuki beberapa orang. Jadi satu ruangan bisa bareng dengan turis dari berbagai negara.

    Hostel kapasul di Singapore paling sekitar 150-200rb rupiah per malam. Dan ternyata fasilitasnya lumayan juga ada AC, water heather dan dapat breakfast toast dan susu.

  5. Keuangan
  6. source : pixels.com

    Selanjutya adalah masalah keuangan. Seperti yang teman-teman tahu mata uang singapura adalah dollar (SGD). Sebaiknya untuk pemula berdasarkan pengalaman lebih baik bawa dalam bentuk tunai seadanya yang ditukar di money changer atau bank ketika di Indonesia. Pastikan Money Changer yang legal ada sertifikasi kupva. Tarik tunai didestinasi tujuan juga bisa tapi akan kena charge per transaksinya. Hati-hati juga jika apes kartu ATM kesedot di negri orang kan tidak lucu.

    Kalau saya pribadi lebih suka cashless dan ada beberapa rekening jadi aman kalau tarik tunai juga (Tapi gak deh hehe). Paling enak cashless pake visa paywave-nya Jenis Card (BTPN) hanya tap tidak perlu gesek dan kursnya juga lumayan bagus tidak beda jauh dengan mony changer di Indonesia. Ini lah yang beneran namanya #jalan2jenius.


    Bisa ditonton juga di video segimana mudahnya dibagian paling bawah artikel ini.

  7. Cellular Data
  8. source : pixels.com

    Ini merupakan hal yang penting untuk selalu terhubung ke internet, sosial media, direction ketika kesasar dinegri orang. Caranya biasa bisa dengan membeli paket internet roaming, kartu lokal disana atau sewa modem.

    Sewa modem biasanya paket internetnya murah tapi biasanya providernya meminta harus deposit dana sebagai jaminan juga modemnya kembali. Atau alternatif lain bisa beli kartu lokal kita terus beli paket roaming. Sedikit trik jika belinya online pastikan bandingkan antara marketplace 1 dengan yang lain dan cari promo, seperti kemarin lumayan dapet promo bisa irit sekitar 35%.

  9. Transportasi
  10. source : pixaby.com

    Transportasi di Singapura bisanya menggunakan MRT, LRT, BUS dan Taksi. Pastinya kalau taksi lebih mahal daripada MRT atau BUS. Pembayarannya biasanya menggunakan kartu, masalah tiketing akan dibahas pada video dibawah.

    Inget untuk pengguna MRT jika bepergian jangan terlalu larut malam, karena MRT tidak beroprasi pada dini hari maka harus dengan metode alternatif lain seperti taksi atau taksi online.

Itu saja mungkin tips-tipsnya mudah-mudahan bermanfaat, happy traveling :)

Bonus Vlog, Biarkan Video yang bercerita

No comments:

Post a Comment