{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Google Drive tidak bisa lagi digunakan untuk Web Hosting mulai September 2016

Mungkin sudah cukup banyak yang mengetahui apa itu Google Drive, yaitu media online tempat penyimpan dokumen-dokumen komputer diinternet. Jadi dimanapun kita walau pun flash drive, external drive ketinggalan dirumah kita bisa mengakses file dokumen tersebut karena ada di internet tinggal login. Besar kapasitas Google Drive pada setiap akun cukup besar yaitu 15GB.
source : connecting-software.com
Tapi pada postingan kali ini yaitu akan membahas tentang ternyata ada suatu fitur yang fiturnya itu hanya satu tahun. Tepatnya saya baru tahu dan mendapatkan email dari google yang inti pesannya yaitu menyatakan bahwa Google Drive tidak akan bisa duganakan lagi untuk web hosting mulai 31 Agustus 2016. Web hosting itu adalah tempat penyimpanan code-code website (HTML, CSS, JS etc), gambar, audio, video etc. Ini merupakan fitur yang menguntungkan bagi para website developer karena biasanya hosting file website itu ada batas quota dan sistem bayar kontrak berjangka.
Email dari Google IMPORTANT: Drive web hosting is shutting down
source : connecting-software.com
Dan bagi teman-teman yang mencari "Bagaimana cara hosting file website di Google Drive" yaitu hanya dengan menambah garis miring host pada url dan nama filenya contoh googledrive.com/host/.../namafile.css dan pastikan file di share Public (Web) bukan Privasi. Dan sedikit saran lebih baik jangan, karena fitur tersebut sebentar lagi tidak akan bisa digunakan. Dan saya baru mengetahuinya. Repotnya lagi bagi yang tidak tahu dan telah menghostingnya di Google Drive sekarang ini harus segera memindahkan hostingnya, atau siap-siap websitenya berantakan. Mulai dari hilang file gambar, hilang kode-kode script, tampilan website jadi aneh etc. (Saya pun menghosting beberapa kode script sehingga sekarang kerepotan).

Semoga dari pengalaman saya tidak ada lagi korban yang harus bersiap-siap memindahkan file web hostingnya.

Entah apa alasan google mengadakan suatu fitur web hosting nya hanya sementara priode 31 Agustus 2015 - 31 Agustus 2016. Tapi terlintas dikepala mungkin itu salah satu strategi kreatifnya untuk memperkenalkan dan membesarkan nama Google Drive di masyarakat dengan cara free hosting. Dan sepertinya setelah dihilangkan fitur ini Google Drive hanya akan menjadi tempat penyimpanan dokumen-dokumen di web saja.

Comments As :

No comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved