Wednesday, June 20, 2018

Mendapatkan Uang Tanpa Harus Ke Kantor, Apakah Bisa? Bisa

Kembali lagi dengan bahasan finansial. Pernah kah teman-teman membayangkan bagaimana cara mendapatkan uang ketika hangout, liburan dan tidur? Apakah bisa seperti itu? Jawabannya adalah Bisa. Itu namanya adalah passive income. Jadi cara ini tidak usah bekerja aktif pergi ke kantor seperti biasanya setiap hari. Uang bisa datang otomatis dengan sendirinya. Bagaimana caranya mendapatkan passive income tersebut?

  1. Bunga
  2. source : pixels.com

    Cara pertama adalah mengatur penyimpanan uang anda jangan hanya di tabung, bisa dibuat rekening deposito. Deposito itu intinya mendepostkan uang yang kita punya dalam jangka waktu tertentu (3bulan, 6bulan hingga 12 bulan) pada bank dan pihak yang mendeposit akan mendapatkan bunga.

    Jadi jika biasanya teman-teman hanya menabung dibank bunganya sangat kecil dan ada biaya potongan bulanan. Tetapi jika teman-teman membuat deposito uang akan berbunga sekitar 4-5.7% (dipotong pajak). Biasanya minimal membuat deposito dari 5jt sampai 10jt. Misalkan temen-temen deposit uang sebanyak 10jt dalam waktu 3 bulan dengan bunga 5.2% maka setelah 3 bulan akan menjadi 10.075.000. Semakin banyak yang didepositkan semakin banyak juga bunganya. Pastikan pilih bank yang reputasinya baik dan dilindungi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

    Kenapa tidak diinvestasikan ke saham atau reksa dana? Kalau masuk ketahap situ sudah mulai banyak resiko, banyak pertimbangan, hampir harus kerja tidak full passive income. Jadi yang benar-benar otomatis menghasilkan uang ketika kita diam, aman, minim resoko, tanpa kerja adalah deposito.

  3. Berkarya Dapatkan Royalty
  4. source : pixels.com

    Biasanya yang mendapatkan pasive income seperti ini adalah seniman atau orang-orang yang berkarya. Misalkan musisi membuat karya musik dan dinikmati banyak pendengar akan menghasilkan royalti dan dapat dimonetasi. Bahkan ketika musisinya sudah tidak ada pun masih dapat mendapatkan royalti. Seperti band legendaris the beatles contohnya.

    Karya Photography di stok foto online, karya tulis, website, blog, sekarang sudah beralih trend menjadi youtube vlog semua itu dari sebuah karya dan manunggu hasilnya. Jika disukai dan dinikmati banyak orang akan menghasilkan uang secara otomatis.

  5. Renting
  6. source : pixels.com

    Selanjutnya adalah sewa. Jika kita mempunyai uang yang cukup untuk membeli properti lebih baik uangnya dibelikan pada properti daripada ditabung, karena harganya terus meningkat dan bisa dijadikan pasive income yang benar-benar menjanjikan seperti disewakan, dikontrakan atau dibuat kost-kostan. Dan itu lehih menguntungkan daripada bunga bank.

    Jika tidak punya uang sebesar itu untuk properti bisa membuat jada renting kecil misalnya sewa studio, sewa kamera dan alat-alatnya, sewa motor untuk dijadikan ojek misalnya, daripada hanya disimpan dikantor saja dari pagi sampai sore dan dari uang sewanya bisa digunakan untuk biaya makan yang akhirnya gaji bisa dapat bersih untuk di investasikan kembali. Dan masih banyak contoh lainnya.

Bagaimana? Apa sudah tertarik berburu pasive income? Bisa dicoba dengan hal yang kecil seperti tabungan deposito, membuat karya mulai dari blog sharing sesuatu yang bermanfaat daripada berkicau disosial media tentang keluhan, kegalauan dan mulai pada rental kecil-kecilan.

No comments:

Post a Comment