{Admin Section}

Menu

{{BlogTitle}}

{{UserTitle}}

{{BlogDescription}}



Cara Beli Tiket Kereta Api Online

Sebelumnya pernah membahas tentang tips bepergian jauh dengan kereta api. Kebetulan ada kesempatan lagi untuk bepergian dengan kereta api dan tujuan kali ini adalah ke Kota Jakarta. Tapi bahasan kali ini yaitu akan membahas bagaimana cara mendapatkan tiket kereta api yang dibeli via online.

Di era digital yang canggih ini booking tiket kereta api tidak harus pergi ke stasiun langsung, dan tidak boros ongkos untuk pergi ke stasiun apalagi keberangkatannya untuk besok lusanya. Dan bagaimana tahap-tahap pembelian tiket online hingga jadi tiket fisiknya? Ikuti langkah berikut :
  1. Pilih Penyedia Tiket
    source : pexels.com
    Tiket kereta api dapat didapatkan diwebsite remi hingga marketplaces, minimarts, diwebsite tiket online etc. Setelah menemukan penyedia yang tiket yang tepat kemudian dalam pemesanan biasanya diminta untuk mengisi biodata penumpang. Pastikan isikan sesuai dengan kartu identitas, karena pada keberangkatan akan dicek kesesuaiannya. Kemudian memilih jadwal keberangkatan. Dan disitu juga kita bisa memilih posisi kursi yang kita ingin kan. Jadi jika berangkat bersama teman dan ingin duduk berdampingan dapat kita atur posisinya.

  2. Bayar
    source : pexels.com
    Yups, pembayarnya didepan. Metode pembayaran bisa langsung, via atm atau internet banking.

  3. Dapat Kode Booking
    source : dokumentasi pribadi
    Setelah melakukan transaksi pembayaran belum berarti kita sudah mendapatkan tiket kereta api. Tetapi yang kita dapatkan yaitu berupa kode booking yang nantinya akan dicetak pada hari keberangkatan. Jika pemesanan online via web / aplikasi smartphone maka kode booking akan dikirimkan via email atau aplikasi marketplace tersebut, jika pemesanan online melalui minimarts akan didapatkan dari minimarts tersebut. Jika tidak jadi booking kereta dan sudah terlanjur bayar ternyata bisa di refunded, minimal 30 menit sebelum keberangkatan dengan denda yang telah ditentukan.

  4. Tukar Kode Booking Jadi Tiket
    source : dokumentasi pribadi
    Pastikan kode booking sebelumnya masih ada, karena di stasiun lah tepatnya di check in counter kode booking akan ditukarkan dengan tiket fisik. Prosesnya sangat mudah di check in counter terdapat kiosk (layar monitor touchscreen) kemudian masukan kode booking dengn benar, pilih cari, kemudian muncul biodata pemesan dan klik cetak. Tampilan programnya pun sangat mudah dipahami hanya ketik kode dan cetak.
    source : dokumentasi pribadi


  5. Berangkat
    source : pexels.com
    Setelah dapat tiket fisik selanjutnya ya tinggal berangkat. Pastikan bawa kartu identitas (KTP) dan duduk ditempat yang telah ditentukan yang sesuai dengan tiket.

Itu saja tahapan pembelian tiket kereta api via online dari proses booking hingga proses penukaran kode booking ke tiket hingga keberangkatan.

Comments As :

No comments:


Copyright © {{Copyright}} {{CopyrightYear}}
All rights reserved