Sunday, April 08, 2018

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Studio Musik Rekaman Rumahan

source : dokumentasi pribadi

Kalau sebelumnya pernah membahas bagaimana cara membuat studio photo atau video dirumah sendiri, kali ini akan membahas cara membuat studio musik rekaman sendiri dirumah (Home recording studio).

Di zaman yang semakin canggih ini spertinya semakin banyak para musisi yang punya studio rumahan sendiri dan bahkan memproduksi musik sendiri. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman dirumah?

  1. Komputer atau Laptop
    source : N/A

    Yang pasti di era digital ini pasti menggunakan komputer untuk mixing tracks. Biasanya untuk platform OS nya Windows atau macOS bisa digunakan dan didukung degan banyak software rekaman itu sendiri. Komputer dengan spesifkasi minimal core 2 duo juga bisa digunakan jika kebutahan track per tracknya yang ringan. Direkomendasikan i5 dan RAM mempuni.

  2. Software DAW
    source : nutsforaudio.com

    Biasanya software musik tracking dinamai DAW. Apa itu Software DAW? DAW itu adalah Digital Audio Workstation. Banyak pilihan software DAW antara lain Cubase, Nuendo, Pro Tools, Studio One, Reason, Sonar, Fl studio, Ableton Live Lite, Garageband, Logic x etc. Dan dari beberapa pilihan diatas punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  3. Musical Instrument Gear or Plugin
    source : N/A
    • Standard

      Tidak ada alat musik? Sebenarnya dengan peralatan diatas saja sudah bisa membuat musik sendiri. Karena pada software DAW itu sendiri biasanya sudah ada yang namana virtual instruments (gitar, piano, biola, drum, synt, ambience, etc). Hanya tinggal susun midi note-note nadanya.

    • Recomended

      Tapi akan lebih baik jika ada musik instrumen asli seperti gitar bass, gitar akustik, atau elektrik dan microphone untuk menangkap suaranya, peralatan mahal seperti drum bisa diakali dengan virtual instruments.

  4. Audio Input & Audio Output
    • Standard
      source : N/A

      Selanjutnya pastikan perangkat komputernya ada input audio untuk merekam suara dari alat musiknya. Biasanya dibelakang komputer CPU yang berwarna pink. Dan juga pastikan perangkat ada output ke speakernya. Biasanya berwarna hijau. Karena ada kasus diperangkat seperti laptop hanya ada 1 port jack audio yang in/outnya sama-sama 1 port jack.

      Itu bisa digunakan untuk merekam audio dan membuat demo track walaupun kualitasnya standard 16bit. Dan biasanya ukuran port jack di komputer ukuran 3.5mm seperti audio jack output di smartpone. Jika merekan gitar elektrik langsung (direct) pastikan rubah dari jack TRS 1/4 ke 3.5mm atau sebaliknya (Jack converter bentuknya seperti pada gambar diatas).

    • Recomended
      source : getinstrumental.com

      Direkomendasikan menggunakan soundcard tambahan eksternal atau audio interface. Audio interface biasanya memiliki benerapa in/out, Ada yang 2, 4, 6, 8 in/out. sesuaikan saja untuk kebutuhan. Untuk rumahan 2 in/out sudah cukup, dengan metode tracking 1 per 1 walaupun hasil akhirnya banyak track. Kecuali jika akan digunakan rekaman banyak track misalkan dari gitar, bass, vocal etc dalam 1 waktu seperti live pasti butuh yang banyak inputnya. Pastikan membeli minimal dengan spesifikasi 24bit/96khz lebih tinggi lebih baik. Dan satu kelebihan lainnya yaitu biasanya jika membeli audio interface sudah bundling software DAW original dan pluginnya versi standar home studio.

  5. Studio Monitoring + Headphone
    source : wirerealm.com

    Studio Monitor disini bukan display monitor tetapi dalam dunia rekaman studio monitor itu adalah speaker. Speaker untuk rekaman biasanya khusus dan namanya adalah Speaker flat dan harganya lebih mahal daripada multimedia speaker. Harga mulai dari jutaan sampai puluhan juta untuk sepasangnya. Tetapi untuk demo track, sepaker laptop atau speaker multimeda seadanya juga bisa digunakan untuk monitoring ketika mixing.

    Direkomendasikan menggunakan speaker monitoring atau speaker flat.

  6. Niat dan Mulai karyanya
    source : pixels.com

    Terakhir yaoti do it and create your creation. Awali dulu hanya dengan komputer soundcard bawaan, mencoba-coba software DAW dan membuat note-note dulu saja. Dan secara bertahap mulai membeli audio interface, condensor microphone, controler etc. Dulu juga saya diawali dari seadanya sampai jadi home studio dan memproduksi musik sendiri.

Terimakasih semoga membantu teman-teman yang akan membuat studio rekaman dirumah sendiri. Dan berikut video cover musik dan beberapa karya rekaman dengan team saya. Atau bisa kunjungi Gofent Community. Jangan lupa like share and subscribe ya !

Baca juga - Cara Membuat Studio Photo, Video Dikamar Sendiri

No comments:

Post a Comment